Publikasi » Detail

BAYAR PBB P2 DI MANA SAJA SETIAP SAAT

Detail Publikasi

Toboali, BAKUDA Basel. Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan dan Perdesaan atau disingkat PBB P2 merupakan salah satu jenis Pajak Daerah yang diatur dalam Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, baik di UU PDRD Nomor 28 Tahun 2009 maupun di UU Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah Nomor 1 Tahun 2022.

Pembayaran PBB P2 dilakukan 1 tahun sekali (1 tahun kalender) berdasarkan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan (SPPT) yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah yang mengelola Pendapatan Daerah.

Di Kabupaten Bangka Selatan, pembayaran PBB P2 selain dapat dilakukan melalui Juru Pungut desa/kelurahan yang ditunjuk, juga dapat dilakukan langsung melalui Bank Sumsel Babel dan PT. Pos Indonesia. Pembayaran di Bank Sumsel Babel selain dapat dilakukan melalui teller juga dapat dilakukan melalui ATM Bank Sumsel Babel dan Aplikasi Mobile Banking (M-Banking) Bank Sumsel Babel. Pembayaran yang dilakukan pada PT. POS Indonesia terdapat biaya administrasi POS sebesar Rp3.500,- per bukti transaksi.

Bagi Wajib Pajak yang memiliki kesibukan tidak perlu datang ke kantor layanan pajak atau ke Bank Sumsel Babel atau ke kantor POS, pembayaran PBB P2 cukup menggunakan M-Banking Bank Sumsel Babel yang dapat dilakukan di mana saja setiap saat dengan bukti pembayaran yang dapat disimpan secara mobile.

Cara Membayar PBB P2 melalui M-Banking Bank Sumsel Babel

  1. Pastikan sudah install aplikasi BSB Mobile
  2. Login dengan menggunakan ID Pengguna dan Kata Sandi yang dimiliki pemilik rekening
  3. Pilih menu TRANSAKSI>>Pembayaran>>Pembayaran Pajak>>Pajak Bumi dan Bangunan
  4. Pilih Rekening Sumber untuk melakukan Pembayaran (Jika memiliki lebih dari 1 rekening pada aplikasi, pilih salah satu rekening yang akan digunakan)
  5. Masukan 18 digit Nomor Objek Pajak (NOP) yang akan dilakukan pembayaran, klik LANJUT
  6. Pilih Tahun Periode Pajak, klik LANJUT
  7. Periksa menu yang tampil, pastikan NOP sesuai NAMA, JUMLAH BAYAR, PERIODE, dan ALAMAT. Jika sudah sesuai klik LANJUT
  8. Masukan kode OTP yang dikirim ke SMS dan ketik MPIN MBanking Bank Sumsel, klik LANJUT
  9. Transaksi SELESAI (pastikan transaksi sukses dan download BUKTI BAYAR yang diternitkan BSB Mobile)

Link video Cara Membayar Pajak melalui M-Banking BSB Mobile

Catatan: Jika terjadi error pada M-Banking Bank Sumsel Babel, silakan hubungi Bank Sumsel Babel terdekat. Jika NOP tidak sesuai data silakan hubungi Layanan Pajak Daerah Kabupaten Bangka Selatan di Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan-Jalan Gunung Namak Toboali, Telp.: 0718-4220014

 

Bagikan:

Publikasi Lainnya: